Sunday, November 18, 2012

Menyelam di Ibukota

Selamat pagi teman-teman traveler! :)
Long weekend kemana aja kalian? Kalau saya sedang di rumah saja. Sementara adik saya camping di pantai, pacar saya menghilang di gua. 

Awalnya memang direncanakan long weekend kali ini mau ke Karimun Jawa sama mantan temen-temen kerja. Tapi beberapa saat yang lalu ada kabar kalau di tanggal ini ombak lagi tinggi, jadinya semua tur kesana jadinya nggak pasti, jadinya nggak tentu. 

Nah.. Dongkolnya, kemarin saya cek di beberapa website Tour Organizer dari KJ, ternyata ada yang akhirnya ngadain trip long weekend ini. Jadi ya, saya gigit jari aja di rumah..

Anyway, pagi ini mau cerita tentang pengalaman saya Try Scuba Diving di Jakarta beberapa minggu yang lalu. Jadi, acara ini adalah mengenalkan orang-orang ke olahraga Scuba Diving. Sebenernya ini adalah acara rutin setiap sabtu dan minggu pagi yang diadakan minggu pertama dan ketiga setiap bulannya.

selebaran yang nempel di dinding :)
Menjembatani mahal dan ribetnya olahraga ini, dengan biaya yang menurut saya murah. Cuma dengan 150 ribu, sudah bisa pake BCD, regulator, dapet sewaan fin, google, tanki 200 bar, termasuk wetsuit dan lain-lain meskipun cuma di kolam renang aja. Untuk sewa alat aja, biasanya minimal butuh biaya 500 ribu-an lebih. Nah, jadi bisa dibayangkan kan, betapa baik hatinya para pencetus kegiatan ini? :D

Kegiatan ini diselenggarakan sama Global Dive Centre yang sepertinya mereka kerjasama bareng DiveMag Indonesia, karena waktu itu saya daftar lewat DiveMag via akun twitter mereka @divemag_indo. Actually, saya nitip daftar ke teman saya yang sedang ada di Jakarta, Bram.

Sebenernya saya udah lama kepengen banget diving, karena saya belum punya lisensi, dan sementara ini kalau ambil lisensi butuh waktu dan dana, sedangkan waktu dan dana belum bersahabat. Jadi, saya senang banget bisa ikut acara ini. Dan, saking semangatnya saya langsung nyambung sama semua kata instrukturnya.

Walaupun saya renangnya nggak jago-jago amat, bahkan bisa dibilang saya lupa cara berenang. Saya jarang sekali nyemplung kolam, jadi bisa dibilang saya nggak bisa berenang. Toh, tapi saya nekat aja. Karena di awal saya berkeyakinan, bisa diving nggak harus bisa berenang. Dan, 'prinsip' saya tersebut ternyata 'didukung' sama orang-orang Global Dive bahwa memang kalau diving nggak harus bisa berenang, akan tetapi alangkah baiknya kalau bisa. Jadi, saya nanti bakal belajar renang lagi, karena untuk mendukung kegiatan ini. Selain untuk skill  pribadi. Hehe. 

foto-foto selama ngikutin Try Scuba, yang motoin si Bram :)

Mencoba olahraga ini sebenarnya butuh mental yang kuat, yang cukup berani untuk ketenangan diri di dalam air. Seperti yang saya bilang diatas, saya nggak bisa renang, tapi saya nekat. Secara mental saya siap, karena memang ngebet banget nyobain.

Seperti kata instruktur saya waktu itu, Mas Rahman, intinya adalah ketenangan di dalam air dan nggak gampang panik. Waktu saya ngikutin kegiatan ini, saya bareng sama satu orang lagi, namanya Yana, dan setelah kenalan kami sedikit bercerita. Dia cerita kalau mau langsung ambil sertifikasi di Bali minggu depannya. Ya, pernyataannya membuat saya iri. Waktu dia nanya saya kapan, saya cuman nyengir aja. Si Yana ini juga kaget waktu saya bilang saya nggak bisa renang. Hehe.

Pada dasarnya kegiatan ini ngajarin basic tentang menyelam juga. Contohnya seperti pengetahuan dasar tentang alat-alat selam, cara memasang, cara membongkar, sedikit skill tentang bagaimana cara membersihkan google ketika di dalam air, isyarat tangan, dan lain-lain. Menurut saya sih, itu udah lebih dari cukup buat pengetahuan dasar untuk saya ambil sertifikasi nanti.

Saya sebenernya udah nafsu banget kepengen cepet-cepet sertifikasi, kemarin waktu 'test' beberapa underwater skill saya bisa. Hehe. Bukan nyombong sih, tapi, temen saya si Yana bahkan nggak berani nyoba waktu di suruh nyobain mask skill ( ngebersihin google yang beruap ). Intinya adalah yang harusnya ambil sertifikasi minggu depan itu saya. Saya! Harusnya saya! Hahaha *dilempar tank oxygen ama Yana, kalo dia baca*

pesan damai dari pinggir kolam :D
Jadi, buat temen-temen yang lagi ada di Jakarta dan kepengen nyobain kegiatan ini, silahkan langsung aja hubungin DiveMag Indonesia atau Global Dive buat daftar untuk ikutan acara ini. Saya jamin kegiatan ini adalah jawaban buat kalian-kalian yang masih belum punya cukup duit ( seperti saya ) untuk sertifikasi atau sudah punya duit tapi pengen nyobain dulu gimana sih rasanya menyelam pake alat selam lengkap, juga yang iseng-iseng nggak ada kegiatan di hari sabtu dan minggu pagi.

Oiya, acara ini diadain di Gedung Kolam Renang Senayan. Karena saya berdomisili di Surabaya, sekarang saya lagi cari apakah di Surabaya ada juga kegiatan kaya gini. Soalnya saya ketagihan, dan sambil nabung sebelum duit untuk sertifikasi kekumpul. Sertifikasi nggak murah, men! (untuk kantong mahasiswa semester akhir seperti saya) :p

Nah, saya mau nabung dulu sekalian berimajinasi nanti bakal bertemu Ikan Paus, Ikan Hiu, Ikan Pari, dan semua para penghuni-penghuni dasar laut Indonesia. Sebut saja Raja Ampat, Wakatobi, Bunaken, Bali, Lombok, dan sudut-sudut lain negeri ini yang memang bakal saya singgahi suatu hari nanti.

Beberapa Contact Person yang bisa dihubungi kalau temen-temen mau ikutan kegiatan ini juga :
- Twitter DiveMag Indo : @divemag_indo
- Email Global Dive : info_globaldive@yahoo.com 
- Nomer telepon dan Email marketing Global Dive
Mbak Jey 0899 9956 788 globaldivemarketing@yahoo.co.id


No comments:

Post a Comment